Rabu, 04 Mei 2011

300 Hadits Bekal Da'wah dan Pembina Pribadi Muslim Drs. H. Moh.Rifa'i


¨       Sungguh berbahagialah bagi orang yang mendapat hidayah Islam, dan penghidupannya sederhana dan tenang menerima apa yang ada (qana'ah) (HR Turmudzi)

¨       Sungguh berbahagialah orang telah masuk Islam, dan diberi rizqi cukup, lalu merasa cukup terhadap apa-apa yang diberikan Allah kepadanya. (HR Muslim)

¨       (Yang dimaksud kaya itu) bukan saja kekayaan karena banyaknya harta benda, melainkan yang disebut kaya sebenarnya ialah kaya hati (tenangnya jiwa) (HR Bukhari Muslim)

¨       Sesungguhnya sah atau tidaknya amal itu, terletak pada niat. Dan bahwasannya tiap-tiap orang itu akan memperoleh buah amalnya itu berdasarkan niatnya. (HR Bukhari)

¨       Bahwasannya Allah tidak akan menerima sesuatu amal, melainkan amal yang dikerjakan karena ikhlas terhadap Allah semata-mata, dan menurut keridhaan-Nya (HR Nasa-i)

¨       Dari Ummu Salamah, ia berkata, "Perbuatan yang paling disenangi adalah perbuatan yang selalu dikerjakan (terus-menerus) oleh seseorang, meskipun sesuatu perbuatan yang mudah." (HR Ibnu Majah)

¨       Abu Dzar ra berkata, Rasulullah berkata kepadaku : Jangan merendahkan  walau sedikit pun dari kebaikan, walaupun hanya menyambut temanmu dengan  wajah yang manis (HR Muslim)

¨       Abu Hurairah ra berkata, bersabda Nabi saw. Iman mempunyai enam atau  tujuh puluh lebih cabang/ranting, yang terutama ialah kalimat Laa ilaaha  illallaah, dan serendah-rendahnya ialah menghindarkan (membuangkan) sesuatu gangguan dari jalan, dan sifat malu termasuk satu cabang dari iman. 

¨       Yang disebut kebajikan ialah apa saja yang karenanya dapat  menenangkan jiwa, dan menentramkan hati. Dan yang disebut  dosa ialah apa saja yang menimbulkan jiwa menjadi tidak tenang,  dan menimbulkan hati tidak tenteram. (HR Ahmad dari Tsa'labah)

¨       Dari Abu Hurairah r.a. katanya Rasulullah s.a.w. bersabda, "Seutama-utama puasa sesudah puasa bulan Ramadan ialah puasa bulan Muharram dan seutama-utama solat sesudah solat fardu ialah solat malam". (Sahih Muslim)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar